Sabtu, 20 April 2013

manfaat dan kerugiaan Rooting Android

Root Android - Berbagai ROM android terbaru 2013 upgrade dan kostumisasi OS Android banyak beredar. Setiap pengguna Android yang ingin lebih bebas tentu akan berfikir untuk me "Root Android" di Smartphone maupun tabletnya. Namun taukah sobat apa saja seh kelebihan dan kekurangan android yang sudah di root. Setiap hal pasti memiliki manfaat dan juga kerugiannya termasuk apabila sobat memutuskan untuk me 'hack' Root sistem operasi pada android.

Ada juga selentingan yang kerap muncul di kalangan para pengguna Android ungkapan “Android paling bagus kalau di Root?” dan membilang pemilik yang belum me root androidnya ketinggalan Zaman dan cemen. Hal tersebut sah-sah saja namun me root sebaiknya dilakukan sesuai kebutuhan saja dan perlu memperhatikan Kelebihan Kekurangannya dulu jangan cuman sekedar biar terlihat keren.

Kelebihan Kekurangan Root Android

Apa itu ROOT ? Root pada OS Android secara sederhana bisa diartikan memberikan akses superuser kepada kita untuk mengotak-atik sistem operasi Android di HP kita. Kalau di Windows 7 kita mengenal istilah Administrator untuk bisa mengakses file sistem di Windows 7, nah dengan proses root di Android pun kita diberi hak administrator, sehingga kita merubah-rubah di file sistem Android.

Kelebihan Root Android
Root ANDROID


Manfaat dan Kelebihan Android Yang Sudah Di Root


  • Dengan me-root itu artinya kita bisa mengakses file sistem, alhasil kita bisa membuat HP Android kita lebih powerful. Semisal kita bisa melakukan overclock terhadap kinerja prosesor HP Android kita, sehingga handphone kita lebih cepat dan responsif. Tak hanya itu kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan lain, sehingga HP Android kita bisa lebih bekerja sesuai dengan keinginan kita.
  • Uninstall atau Menghapus Aplikasi bawaan Handphone yang tidak berguna. Seperti kita setiap vendor selalu saja menyertakan aplikasi-aplikasi default yang kadangkala tidak berguna dan tidak bermanfaat bagi kita. Setelah di Root, kita bisa dengan bebas menghapus berbagai aplikasi bawaan HP yang tidak berguna, Alhasil kita bisa membuat ruang penyimpanan lebih lega (besar) dan bisa membersihkan hp dari icon-icon aplikasi yang tidak berguna atau useless.
  • Install aplikasi yang membutuhkan Akses Root – Banyak sekali aplikasi yang hanya bisa di install saat kita telah melakukan root terhadap HP Android kita. Contoh yang mungkin berguna adalah Aplikasi GameCIH2 yakni Cheat Engine di Android.
Beberapa aplikasi keren yang memerlukan ROOT Android antara lain:
  1. App2Card dan Link2SD:Jika anda mengalami kendala dalam memori ponsel/tablet android anda yang selalu penuh dan berkurang secara terus menerus. Maka bisa menginstall aplikasi App2Card atau Link2SD agar memori ponsel/tablet android anda bisa sedikit longgar dan berkurang.
  2. Titanium Backup:Hampir sama dengan beberapa gadget yang membutuhkan aplikasi untuk back up. Maka anda bisa menggunakan Titanium Back up untuk melakukan back up terhadap beberapa settingan atau pengaturan untuk gadget anda. Anda bisa melakukan akses penuh terhadap aplikasi ini jika anda melakukan rooting android anda.
  3. Merubah DNS Browser untuk membuka situs yang di blokir ISP.
Yang diatas tadi ialah banyak Kelebihan atau keuntungan dari ROOT. Sebaliknya inilah efek samping kerugian Android yang sudah diroot yang akan sobat dapatkan .

Kerugian / Kekurangan Root Android

1. Root Bisa Menghilangkan Garansi
Yang paling dikhawatirkan ialah saat ponsel Anda bermasalah, garansi akan tidak berlaku, terutama jika ketahuan bahwa ponsel Android kita sudah di root.
Namun, jangan khawatir dengan proses Unroot dan Factory Reset, Anda bisa mengembalikan ponsel Android ke kondisi seperti dulu, saat sebelum di root, sehingga kita bisa mengklainm garansi ke toko atau vendor ponsel tersebut.
Tips:
Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (Menghilangkan Jejak)
2. Rentan Kena Virus / Malware
Beberapa file bahan untuk ROOT kebanyakan bukan milik Google Resmi dan editan banyak programer yang kemanannya belum terjamin hal ini akan menjadi salah satu efek samping setelah ponsel kita di root membuat virus maupun malware lebih mudah untuk mengakses file sistem di ponsel Android.
Kesimpulannya ROOT Android, sebaiknya anda pikirkan dulu apakah memang diperlukan. Tapi jika darah muda mulai membara maka tidak ada salahnya berani ambil resiko demi sesuatu yang lebih keren.

0 komentar:

Poskan Komentar